Air Terjun Situmurun Hidden Gems di Danau Toba | Toba Trip Part-2

Perjalanan Menuju Air Terjun Situmurun.
Perjalanan menuju Air Terjun Situmurun dimulai dari penginapan kami, Tabo Cottage. Tabo Cottage memiliki pemandangan dan akses langsung ke Danau Toba. Kami naik kapal dengan durasi kurang lebih dua jam ke Air Terjun Situmurun. Rasanya waktu tempuh dua jam tak terasa karena kami disuguhkan pemandangan yang memanjakkan mata. Selama perjalanan, aku melihat sekeliling dan merasa takjub. Danau Toba benar-benar luas sekali, penampakkannya seperti lautan kecil. 

Pelabuhan kecil di Tabo Cottage Ajibata.
Photo by: @adnansaputroo
Air Terjun yang langsung berlabuh ke Danau Toba

Aku sangat bangga tinggal di Indonesia yang memiliki banyak air terjun yang cantik. Salah satunya Air Terjun Situmurun yang langsung mengalir ke Danau Toba. Air Terjun Situmurun juga dikenal dengan nama Binanglom. Dalam bahasa Batak, Binang artinya sungai, lom artinya air penyejuk. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang sangat menyejukkan hati dan pikiran.


Air Terjun Situmurun.
Memang berbeda dari air terjun biasanya, Air Terjun Situmurun yang langsung berlabuh ke Danau Toba, menjadi daya tarik sendiri. Sepenglihatanku area di sini juga bersih gak ada sampah. Menurutku, Air Terjun Situmurun adalah hidden gems di Danau Toba yang wajib dikunjungi. Jangan lupa mampir ke sini ya!

Menyantap Ikan Toba Tilapia dengan View Danau Toba


Saat jam makan siang tiba, kami disuguhkan beberapa menu khas Toba yang lezat. Betapa nikmatnya makan siang di kapal ini sambil melihat view Danau Toba yang indah dan luas itu. Menu yang mencuri perhatianku adalah olahan ikan dari Toba Tilapia dengan bumbu asam manis dan bumbu kincung. 


Siap makan siang di kapal.
Ternyata kalau dalam bahasa Medan, kincung artinya kecombrang. Entah bumbu apalagi yang dimasukkan chef kedalam menu ikan Toba Tilapia bumbu kincung ini, kok rasanya enak banget. Bikin aku nambah sampai tiga kali. Sekilas terlihat seperti bumbu gulai, tapi bukan juga. Susah dideskripsikan, yang pasti endeus banget!


Enak pake banget! Sampe nambah tiga kali.

Main Paddle Board di Air Terjun Situmurun

Salah satu pengalaman tak terlupakan adalah bermain paddle board. Sejujurnya aku tuh nge-fans sama Ka Rikas dari zaman doi masih jadi Host MTMA, eh sekarang malah bisa trip bareng tuh happy banget! Ini pengalaman pertamaku bermain paddle board. Pertama-tama, aku dan Will diajari ka Rikas cara menaikki paddle board. Lalu, gimana cara pertamanya?


"Iya, loncat dulu ya dari kapal", kata ka Rikas

"Kamu duluan loncat.", kataku ke Will
"Oke", jawab Will
"Eh dalem gak?", tanyaku ke Will

(Will gak menjawab dan langsung berenang ke arah paddle board. Sepertinya dia tahu aku bakal deg-degan kalau itu dalam. Haha)

Photo by: @berduaja
Giliranku loncat, sejujurnya pas lihat kebawah itu sekilas memang agak gelap. Tapi aku juga langsung berenang ke arah paddle boardTidak sulit menaikki paddle board untuk satu orang. Aku dan Will agak kesulitan saat menaikki paddle board untuk dua orang karena berat. Jadi, kami harus naik bersamaan dengan posisi berseberangan. Bagi teman-teman yang gak bisa berenang tak usah khawatir, karena disediakan life jacket juga kok. Namun kita juga harus berhati-hari karena curahan air terjun yang cukup deras. Akupun tak terlalu mendekat ke sana. 

Idolaku : Ka Rikas Harsa
Aku dan WIll naik paddle board untuk dua orang yang menguji kekompakkan. Haha.
Ka Dita dan Ka Wildan juga asik main kayak.
Airnya gak dingin, malah dinginan doi cenderung hangat. Kedalaman Danau Toba itu beda-beda. Secara Danau Toba ini terbentuk karena letusan Gunung Api Purba, makanya terbentuk juga kaldera yang luas di sini. Kata pemandu kapal kami, ada yang dalamnya 10-20 meter langsung palung dan paling dalam kira-kira 800 meter. OMG! Sekilas ku berpikir, berapa dalam tadi waktu aku loncat dari kapal untuk bermain paddle board? Haha.


Mengunjungi Penambakkan Toba Tilapia

Tak hanya menyantap makanan lezat dari Toba Tilapia, kamipun mengunjungi tempat penambakkan Toba Tilapia di daerah Batu Lihi Star. Lingkaran-lingkaran yang terlihat dari jauh itulah tempat penambakkan ikan Toba Tilapia. Ikan Tilapia terbaik berasal dari Danau Toba. Hasil olahan ikan Toba Tilapia bisa kita nikmati di Fish n Co dan menu Fish n Chips Mcd.  

Penambakkan Ikan Toba Tilapia dari atas.


Proses pengolahan dan penambakkan ikan Toba Tilapia diproses secara berkualitas;
  1. Penambakkan ikan toba tilapia kecil berada di kolam yang kotak selama dua minggu.
  2. Setelah itu ikan toba tilapia dipindahkan ke kolam bulat ini selama 6-8 bulan hingga siap dipanen. Mereka dikasih makan melalaui alat yang disemprotkan ke kolam bulat.
  3. Sebelum panen, ikan toba tilapia dipindahkan ke kolam bulat lain untuk puasa selama 12 jam.
Toba Tilapia Fishery.
Ikan toba tilapia adalah jenis ikan nila dan produknya dieskspor supaya gak mengganggu perekonomian nelayan. Sebagai pecinta ikan, olahan ikan toba tilapia ini endeus banget deh apalagi dibikin bumbu kincung. Jadi beli dimana dong kalau mau coba? Cek di sini ya!

=====================================================================================

Tips ke Air Terjun Situmurun:

  • Bawa pakaian ganti dan baju renang.
  • Bawa jaket windproof  biar gak masuk angin, karena udara sejuk cenderung dingin.
  • Bawa permen mint antipasi mabok laut.
=====================================================================================

...

Keep in Touch
Thanks for reading!

2 comments

Travel Vlog