Pengalaman Pertama Naik Kapal Pesiar | Nivea Beauty Cruise Part-1

Welcome on Board!

Aku merasa seperti mimpi! Jadi, akhir tahun lalu aku membuat wishlist, kalau aku mau banget sekali-kali bisa liburan gratis dan mau banget coba naik kapal pesiar. Eh ternyata dua hal itu terjadi sekaligus. Thank God and big thanks to NIVEA to make my dream come true!

Add caption

Waktu itu, aku mengikuti kompetisi #CantikAllOut dari NIVEA dan menjadi salah satu dari sepuluh orang terpilih yang memenangkan grandprize Nivea Beauty Cruise. #CantikAllOut versiku adalah ketika kita selalu memberikan yang terbaik untuk hal-hal yang kita jalani dan tidak pernah menyerah untuk meraih impian kita. Aku sudah beberapa kali mengkuti kompetisi NIVEA dan gak pernah menang. Nah, baru akhirnya tahun ini aku berkesempatan mengikuti NIVEA Beauty Cruise

My Every Day View From the Balcony.
Tak pernah terbayangkan sebelumnya kalau aku bisa naik kapal pesiar bersama Abel Cantika dan Dianty Annisa, juga bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai daerah di Indonesia adalah hal yang tak terlupakan! Perjalanan kami berlayar dengan Dream Cruises dimulai dari Singapore - Penang - Phuket - Singapore. Fyi, Dream Cruises adalah kapal pesiar mewah Asia pertama lho!

Day - 1
Start Cruising

Setibanya kami di Bandara Changi Airport, kami diantar ke Marina Bay Cruise Centre. Kami langsung menuju bagian imigrasi dan bagasi. Nantinya bagasi akan langsung diantar ke stateroom (kamar) masing-masing. Sebelum berlayar, paspor kami diberikan pada petugas kapal. Jadi kami tidak perlu repot mengurus perihal imigrasi ketika berlabuh di Penang dan Phuket. 

The Palace Lounge.
Sebelum masuk ke dalam cruise, kami menunggu di lounge yang telah disediakan yang dilengkapi dengan berbagai macam makanan dan tempat yang nyaman. Kami diprioritaskan dan tak perlu lama antri untuk masuk kedalam cruiseOh! Ternyata kami menginap di stateroom Palace Suite sehingga kami dapat menikmati fasilitas lounge mewah tadi.

Ada beberapa staterooms yang disediakan oleh Genting Dream Cruise, antara lain; Palace Villa, Palace Penthouse, Palace Deluxe Suite, Palace Suite, Balcony Deluxe Stateroom, Balcony Stateroom, Oceanview Stateroom, dan Interior Stateroom. Tapi menurutku Palace Suite sudah lebih dari cukup; kamar, view, dan fasilitasnya luar biasa. I'm beyond grateful!



Kami diberi kartu pengenal berwarna emas yang digunakan sebagai access card kamar, makan, dan sebagai alat pembayaran jika membeli sesuatu didalam cruise. Jadi, kartu ini tidak boleh ditinggal, apalagi hilang! Setahuku, kartu pengenal dalam cruise dibedakan sesuai warna yang menunjukkan kelas stateroom dan fasilitas yang didapatnya.


Selain warna emas, ada juga warna merah dan biru. Kami sangat beruntung memiliki gold card yang memberikan kami banyak sekali kemudahan. Misalnya, kami bisa menyantap makanan di restoran khusus di The Palace, kami juga mendapatkan akses Private Balcony, Private Pool Deck, Spa and Gym, dan 24-hour Butler Service asal Indonesia. Menurutku peran Butler sangat membantu kami untuk mendapatkan segala informasi mengenai Dream Cruises. Kami juga mendapat fasilitas makan gratis di beberapa dining venue hanya dengan menunjukkan gold card

I'm ready for cruising!
Kami sudah berada di dalam kapal sekitar 1 jam sebelum kapal berlayar, sehingga kami bisa menikmati makan siang dalam kapal hinggal pukul 16.00. Kapal mulai berlayar pukul 17.00 waktu Singapore. Kami diberi waktu bebas hingga waktu makan malam pukul 19.00. Aku dan teman-teman sekamar menghabiskan waktu dengan jalan-jalan sore sambil menunggu matahari terbenam.


Pada hari pertama kami menyantap makan malam di Seafood Grill Primesteak House. Restoran fancy ini menyajikan menu barat lengkap dari appetizer, main course, hingga dessert dengan pilihan minum wine atau jus. Aku ingat pilihan main course ada dua macam; Black Angus Rib Eye dan Seafood Platter. Aku memilih Rib Eye karena aku gak suka cumi dan oyster. Aku gak tahu kalau Rib Eye disajikan dengan tingkat kematangan medium rare dan ternyata dagingnya masih mentah pada bagian dalamnya.

Jika suatu saat teman-teman juga berkesempatan makan di restoran ini, kamu bisa request tingkat kematangan well done kalau gak suka yang agak mentah sepertiku. Nah, tapi aku paling suka makanan penutupnya. Aku gak tahu namanya, tapi enak banget! Acara malam pertama ditutup dengan sharing session bersama Abel dan Didi, serta kak Boban dari pihak NIVEA. What a wonderful night!


Day - 2
Cruise arrive in Penang 

Pagi hari kami diajak bermain Ropes Course. Salah satu permainan outdoor yang menguji adrenalin. Kami dibagi dua kelompok untuk melakukan tantangan hingga beberapa hari ke depan. Pada tantangan pertama, beberapa orang dari anggota kelompok harus melewati Ropes Course ini. Sekilas aku teringat serial TV Benteng Takeshi, iya seperti itu. Kita harus melalui beberapa rintangan untuk bisa menang.

Ropes Course Dream Cruise.
Aku mulai mengenakan peralatan keamanan dan diajarkan cara menggunakan karabiner selama permainan. Waktu ke Gunung Parang dulu, aku juga pernah menggunakan alat seperti ini, tapi karabiner disini lebih canggih bisa mengunci sendiri, dengan memasangkannya  ke lubang yang tersedia, lalu ditekan baru bisa terbuka. Jadi, dijamin aman! Permainan Ropes Course diakhiri dengan flying fox diatas laut! Bagian yang paling seru dan menguji adrenalin, tapi harus tetep #CantikAllOut dong! Mungkin untuk yang punya phobia ketinggian bakal gemeteran, karena bawahnya itu langsung laut tanpa jaring-jaring penyelamat.


#CantikAllOutGirls setelah tantangan pertama.
Setelah menyelesaikan tantangan pertama, kami bersiap-siap untuk turun di Penang pada pukul 13.00. Kemudian, kami naik ke bis menuju ke beberapa tempat wisata di Penang. Kalau di Jakarta ada Monas sebagai menara tertinggi, Penang juga memiliki Menara Top Komtar Penang sebagai menara tertinggi. Tingginya mencapai 251.438 m lho! Kami menuju lantai 68 untuk mandatory photo di Rainbow Skywalk. (*Komtar = Komplek Tun Abdul Razak)


Aku pernah tahu ada jembatan kaca Zhangjiajie Glass Bridge di Cina. Ternyata di Penang juga ada jembatan kaca bernama Rainbow Skywalk. Tapi tak perlu khawatir, jembatan ini hanya melingkar saja dan tidak sepanjang di Cina. Dari Rainbow Skywalk, kami melihat pemandangan kota George Town yang indah. Di sini juga tersedia beberapa paket aktivitas yang menantang adrenalin, seperti selfie dari ketinggian, flyfox, dan lain-lain. Dare to try? Haha.


Rooftop Menara Top Komtar.
Kalau malam hari rasanya pasti lebih romantis deh. Selain ada lampu-lampu yang mempercantik tempat ini, kita juga bisa meilhat panorama kota Penang pada malam hari. Apalagi di lantai tertingginya ini juga ada restoran dan bar. Jadi siap-siap ajak pasangan kesini lah ya! 


Setelah itu, kami mengikuti tantangan kedua untuk membeli makan siang dan menghabiskannya. Jam makan siang sudah lewat dan kami sudah (sangat) lapar, jadi langsung saja kami membeli burger yang ada didalam Menara Top Komtar. Aku lupa nama burgernya, tapi yang pasti rasanya enak banget! Saking enaknya, kami hampir ditinggal bis untuk menuju Harriston Chocolate dan Prangin Mall. 

My Super Team.
Destinasi terakhir yang kami kunjungi di Penang adalah Kuil Sri Maha Mariamman. Kuil ini merupakan kuil tertua di Tapak Warisan Dunia George Town. Menurutku, Penang kota yang kreatif dan gak kalah instagrammable. Aku melihat banyak mural dan instalasi lampu yang menarik di tepi jalan. Sambil menunggu petang, kami jalan sore di sekitar Little India dan kembali menuju cruise sebelum matahari terbenam.


Sesampainya di cruise, kami menuju HOTPOT Cruise Dining untuk menyantap makan malam. Kali ini, kami makan malam di deck luar sambil menikmati laut malam. Dinginnya angin laut terkalahkan sama enaknya dan hangatnya makan malam di HOTPOT Restaurant ini. Tapi kalau dinginnya si dia kebangetan mending buang aja ke laut. 

Best Hotpot Ever (for me).
Makanan disini berupa suki/shabu yang dihidangkan dengan empat jenis kuah. Menu set di HOTPOT Cruise Dining sangat segar dan enaknya kebangetan! Porsi untuk satu orangpun cukup banyak. Bahkan aku berusaha menghabiskan porsiku hingga restorannya tutup. I think, this is The best HOTPOT ever!

Day - 3
Phuket and Last Night in Cruise

Akhirnya ketemu pantai lagi setelah sekian lama. Aku semangat banget mau pergi ke Phuket. Pagi-pagi kami sudah berkumpul di lobby untuk naik kapal sekoci menuju Phuket. Ketika naik kapal sekoci, aku langsung naik ke lantai atas dan aku bilang "WOW!" Yaampun aku lihat dari dekat kapal Dream Cruises itu yang katanya tiga kali lipat lebih besar dari kapal Titanic. Aku sangat menikmati perjalanan dan pemandangan menuju Phuket.

Dream Come True; Dream Cruise!
What a Beautiful View!
Setelah tiba di Phuket, kami naik bis (lagi) sesuai destinasi masing-masing. Aku bertemu dengan salah seorang mama temanku, dan dia akan mengunjungi destinasi untuk melihat atraksi gajah. Sepertinya memang  lumayan banyak pilihan wisata disini karena akupun melihat banyak sekali bis dengan nomor tujuan sesuai destinasi yang dipilih. 

Romantis juga nih pemandangannya.
Pantainya super bersih.
Aku bersama teman-teman #CantikAllOut diajak untuk mengeksplorasi Coral Island di Panwa Cape. Coral Island memiliki pantai bernama Banana Beach yang sangat indah. But to be honest, aku bisa bilang beberapa pantai di Indonesia yang pernah aku datangi, lebih indah! That's why there's always reason to come back to home town kan.


Ini foto before-after main di pantai. Ini muka sumringah juga sih habis makan enak dan sepuasnya. Aku gak peduli rambutku udah berantakan atau kulit jadi makin gelap, yang penting aku happy main disini! #CantikAllOut buatku ya gak takut sama matahari dan tetap bisa melakukan hal-hal yang aku suka. Setuju? See you again Phuket! 

Salty messy hair and I don't care! As long as you do what you love and be confident. It's all you need!
Setelah makan siang, kami kembali ke cruise. Kami memiliki waktu senggang hingga waktu makan malam. Awalnya aku dan teman-teman sekamar mau mencari snack bar, tapi ketika kami menelepon butler, ternyata kami diberi undangan khusus untuk mengikuti Captain's Gala Cocktail Party di deck 19, deck tertinggi dalam cruise. Sepertinya acaranya ini hanya untuk tipe stateroom PALACE, pemegang gold card. (brb nabung supaya bisa nginep di stateroom ini lagi)

Sebenarnya selain mendapat undangan Captain's Gala Cocktail Party, setiap kamar juga mendapatkan Dream Daily. Dream Daily berisi informasi seputar acara atau kegiatan yang akan diselenggarakan di dalam cruise pada hari tersebut. Jadi, kita gak akan bosen ada di cruise karena aktivitas dan acaranya juga banyak banget!

Me, Roomate, and Our Butler.
Untuk mengikuti acara Captain's Gala Cocktail Party, kami harus menggunakan pakaian formal dan sepatu tertutup. Kami juga bisa bertemu dan bercengkerama dengan kapten kapal. Perkenalkan juga ini roommate-ku, namanya Nurul dari Jogja dan Amanda dari Jakarta. Kok dresscode-nya bisa pas yah! Kami disajikan berbagai finger food, wine, dan jus. Aku sangat menikmati momen ini sambil ambil menikmati langit sore dari deck tertinggi.


Finger Food enak semua, habis dalam sekejab.
Tak terasa kalau malam itu sudah malam terakhir di cruise. Sebelum acara makan malam, kami menonton pertunjukkan di Zodiac Theatre. Pertunjukkan ini diawali dengan perkenalan anggota kru kapal dan speech dari kapten kapal. Aku merasa sangat kagum dan merinding. Aku seperti bermimpi sungguhan, bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia di Dream Cruises. Mereka adalah orang-orang hebat!


Selanjutnya kami menonton pertunjukkan "SONIO-A Tale of Two Dreams". Pertunjukkan di Zodiac Theater berbeda-beda setiap harinya (lihat disini). Tapi yang pasti, pertunjukkan ini sungguh luar biasa! Ruangannya itu kayak bioskop dengan bangku yang berundak dan panggung yang luas. Btw, aku baru ngeh juga kalau Zodiac Theater ini juga menjadi ruang tunggu saat kami menunggu kapal sekoci sebelum berangkat ke Phuket tadi.


Setelah menonton pertunjukkan, kami menyantap makan malam terakhir dalam cruise di Umi Uma Teppanyaki Cruise Dining. Kami duduk mengelilingi chef yang akan memasak sesuai pesanan kami. Uniknya chef menampilkan berbagai atraksi saat memasak dan sangat menghibur! Kami juga disajikan menu lengkap mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Kali ini, aku memesan beef dengan tingkat kematangan well done


Kali ini pesan Well Done Beef. Super enak!
Malam itu ada farewell fireworks sebagai pesta perpisahan kami di area main pool deck. Semua orang sangat antusias menikmati musik dan kembang api. Can't believe that day was the last night in cruise. Rasanya ingin lebih lama lagi berada di cruise, mungkin next time ke destinasi yang lebih jauh? Yuk lah kita nabung!


...

Keep in Touch
Thanks for reading!

4 comments:

  1. Ya ampun mevvah banget nih liburannya.. aku juga pengen nyoba cruise ih

    ReplyDelete
  2. Luar biasa mewahnya, seru banget. Jadi pingin liburan kayak gini ah

    ReplyDelete
  3. Seru banget liburannyaaaa.
    Asik banget bisa nyobain Dream Cruise super mewah, dpt fasilitas oke, & tetep cantik all out!

    ReplyDelete
  4. nggak bakalan bosen berada di kapal pesiar seperti ini, permainan ada, makanan melimpah, dan tim yang seru abis pastinya

    ReplyDelete