Panduan Lengkap Menuju Selayar

Selamat Datang di Tana Doang! 

Pulau Selayar juga dikenal dengan nama Tana Doang dalam bahasa lokal, yang artinya tempat berdoa bagi para pelaut yang yang mau melanjutkan perjalanan untuk keselamatan pelayaran mereka. Selayar terletak di Sulawesi Selatan. Untuk ke sana, bisa ditempuh dengan jalur udara maupun laut. Simak panduan lengkap menuju Selayar berikut ini ya!

Cara Tercepat Menuju Selayar


Penerbangan dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara H. Aroeppala Selayar merupakan cara tercepat menuju ke Selayar. Nama Bandara Haji Aroeppala ternyata adalah nama pahlawan Selayar. Ada dua maskapai yang melayani rute penerbangan Makassar - Selayar menggunakan pesawat jenis ATR, yaitu Citilink dan Wings Air. 

Panorama Bandara H. Aroeppala Selayar.
Terminal Kedatangan Bandara H. Aroeppala Selayar, siap menyambutmu!

Namun jadwal penerbangan tidak setiap hari, biasanya yang rutin hari Jumat. Hari lainnya menyesuaikan dengan kapasitas penumpang. Penerbangan hanya memakan waktu kurang lebih 30-40 menit. Saranku, kamu bisa follow instagram @aroeppalaairport untuk informasi lebih update mengenai jadwal penerbangan ke Selayar.


Bandara H. Aroeppala sangat bersih dan nyaman. Saat aku berada dalam pesawat, penumpang di sebelahku berasal dari Selayar bercerita bahwa dia sangat senang Bandara H. Aroeppala beroperasi di Selayar karena waktu tempuhnya lebih cepat, harganya terjangkau, dan nyaman. Harga tiket Makassar - Selayar Rp209.000 (Citilink - Oktober 2021).

Berlayar ke Selayar


Alternatif lain menuju Selayar adalah menggunakan kendaraan mobil atau bus dari kota Makassar menuju Pelabuhan Bira, dengan waktu perjalanan kurang lebih 4-5 jam. Waktu itu aku sewa mobil sebesar Rp700.000. Kami memesan dadakan karena penerbangan dibatalkan waktu itu. Jadi harus segera menuju ke Pelabuhan Bira supaya gak ketinggalan kapal. Jika menggunakan bus tarifnya sekitar Rp150.000-Rp200.000/orang.

Sesampainya di Pelabuhan Bira, kita bisa membeli tiket on the spot sebesar Rp24.000/orang untuk naik KMP Kormomolin dengan lintas penyeberangan Pelabuhan Bira - Pelabuhan Pamatata. Waktu tempuh sekitar 2 jam 15 menit. 

KMP Kormomolin. We Bridge the Nation.

Jadwal keberangkatan biasanya ada dua kali dalam sehari, pk.08.00 dan pk 12.00  WITA (dari pelabuhan Bira). Sebenarnya kadang jadwal kapal bisa berubah sewaktu-waktu tergantung cuaca dan gelombang laut juga. Jadi kadang juga bisa ada tiga kali keberangkatan dalam sehari. Untuk cek jadwalnya, bisa menghubungi Pak Asri (0852 9985 3638 - jika dari Pelabuhan Bira) atau Ibu Aulia (0813 566 7749 - jika dari Pelabuhan Pamatata).


Selain KMP Kormomolin, ada juga kapal KMP Bontoharu dan KMP Takabonerate yang melayani rute ke Selayar. KMP Takabonerate merupakan primadona baru Selayar. Tempat duduk penumpangnya aja nyaman banget serasa naik pesawat business class! Namun untuk jadwal KMP Takabonerate juga bisa dikonfirmasi dulu sebelum berangkat, karena saat ini KMP Takabonerate juga melayani rute Selayar ke pulau-pulau kecil seperti Kayuadi, Jinato, dan Jampea. 

Transportasi Darat Naik Damri


Setelah tiba di Pelabuhan Pamatata Selayar, aku takjub melihat air di sekitar Pelabuhan Pamatata jernih sekali! Lalu kita melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Benteng/Kota Benteng (ibukota Selayar) yang memakan waktu kurang lebih satu jam, menggunakan mobil atau bus DAMRI. Tapi tenang aja, karena kita disuguhkan pemandangan laut yang indah sepanjang jalan. Aseli vibes-nya berasa kaya lagi di Gongjin yang ada di drama korea Hometown ChaChaCha!


Bus DAMRI perintis ini sudah ada selama lima tahun, melayani rute Pelabuhan Benteng - Pelabuhan Pamatata (PP) dan Pelabuhan Benteng - Pattumbukang (PP) yang berangkat dari Terminal Bonea. Tarifnya cuma Rp15.000 saja. Bisa dibilang jadwal DAMRI dan jadwal kapal itu berhubungan satu sama lain. 

Kalau kata pak Nasir, selaku Kepala Koordinator DAMRI Selayar, beliau mendapatkan info mengenai jadwal kapal satu hari sebelumnya pada malam hari. Penjemputan tergantung pada jadwal kapal dan berangkat dua jam sebelumnya. Jadi kalau mau tahu jadwal DAMRI, bisa hubungi Pak Nasir sebelum berangkat (0853 30225281).

Gambaran Peta Selayar. Pelabuhan Pamatata di utara, Pelabuhan Benteng di pusat, dan Pelabuhan Pattumbukang di selatan. Sumber: https://tntakabonerate.com/id/aksesibilitas/


Walaupun pulaunya tidak terlalu besar, tapi Selayar memiliki daya tarik wisata yang cukup beragam dari wisata alam, kuliner, budaya, dan bahari yang mempesona! Selayar juga tak terlepas dari transportasi sebagai urat nadi. Dengan kemudahan transportasi udara, darat, dan laut membuat mobilitas Selayar lebih lancar.

Jadi kamu lebih pilih jalur yang mana? Jangan lupa masukkin Selayar ke bucketlist ya!
...

Keep in Touch
Thanks for reading!

2 comments:

  1. Wahhh lengkap banget, bisa jadi info keren buat yang pengen ke selayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ko, konektivitas transportasi di Selayar udah bagus. Tinggal pilih mau lewat jalur yang mana. Hehe

      Delete