7 Hal yang Harus Diketahui Saat Berkunjung ke Dufan di Era New Normal

"Masukki Dunia Fantasi, Dunia Ajaib Nan Mempesona."

Lagu yang sudah terpatri sejak kecil kalau main ke Dufan dan lagu yang akan terngiang-ngiang terus sehabis dari Dufan. Haha. Setelah sekian lama, akhirnya bisa main ke Dufan lagi. Pada era new normal, Dufan sudah kembali beroperasi kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun ada beberapa hal penting yang harus diketahui saat berkunjung ke Dufan di era new normal ini.


Sudah lama gak ke Dufan, gerbang masuknya ternyata dipindahkan. Areanya lebih luas dan ikonik. Kita akan disambut oleh 9 patung berwarna emas yang menarik perhatian. Mereka merupakan karakter biota asli Indonesia yang perlu dilestarikan, yaitu; Dufan & Dufi (Ikon monyet bekantan), Kabul (Katak Gembul), Bije (Bison Jenaka), Garin (Garuda Indonesia), Tanit (Tapir Genit), Kombi (Komodo Gembira), Cili (Kancil Cilik), dan Birus (Babi Rusa). 

Welcome to Dufan!

DUFAN memiliki 9 kawasan bermain, yaitu kawasan Jakarta, Indonesia, Asia, Amerika, Eropa, Hikayat, Yunani, Kidz Fantasy, dan Dunia Kartun yang menjadi kawasan barunya. Setiap kawasan dilengkapi dengan wahana dan memiliki desain yang unik. DUFAN menyuguhkan berbagai wahana mulai dari yang menenangkan hingga menegangkan! Sudah siap untuk kembali ke Ancol dan main di Dufan? Simak yuk 7 Hal yang harus diketahui saat berkunjung ke Dufan;

1. Pembayaran Secara Cashless


Pembelian tiket dilakukan secara online di www.ancol.com dengan sistem reservasi karena Dufan membatasi jumlah pengunjung sesuai kuota. Aku sarankan membeli tiket Annual Pass karena rasanya ke Dufan gak cukup sekali, ya kan? Annual Pass juga berlaku saat akhir pekan dan hari libur lho!


Annual Pass Dufan.

Tiket Masuk Dufan Reguler sebesar Rp200.000/weekday dan Rp250.000/weekend. Sedangkan harga tiket Annual Pass seharga Rp600.000. Jika kamu sudah memiliki Annual Pass sebelumnya, masa berlakunya diperpanjang hingga 12 Maret 2021, dengan kompensasi penambahan periode masa berlaku sesuai masa (jumlah hari) penutupan Ancol. Cek masa kadarluasa Annual Pass di sini


Cara pembelian tiket Dufan.

2. Pembatasan Pengunjung


Sejak tanggal 12 Oktober 2020, Dufan telah dibuka untuk semua wilayah, termasuk kamu yang memiliki KTP Non-DKI. Pengunjung berusia dibawah 9 tahun dan diatas 60 tahun, serta ibu hamil dilarang masuk Dufan demi alasan kesehatan. Bisa ajak keluarga, sahabat, mantan pacar ke sini ya sesuai umur dan ketentuan yang sudah ditetapkan.


3. Penerapan Protokol Kesehatan 


Saat antrian masuk area Dufan, petugas mengecek suhu tubuh kami dan selalu mengingatkan untuk selalu menjaga jarak dengan berdiri sesuai marka. Tempat cuci tanganpun tersedia di berbagai spot. Wahana-wahana yang biasanya digunakan lebih dari 1 orang diberi tanda silang untuk tidak digunakan. Petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. Last but no least, selalu gunakan masker dan bawa cadangannya ya!


Protokol Kesehatan dan Kebersihan di Dufan.


4. Melihat Papan Informasi


Saat memasukki area Dufan, jangan lupa mampir ke pusat informasi untuk ambil peta wisata atau scan barcode pada poster peta wisata di papan informasi. Dufan memiliki area yang luas dan wahana yang sangat banyak! Agar bisa eksplor dengan puas, tak ada salahnya mampir ke papan penting ini untuk melihat wahana apa saja yang sedang dibuka atau tidak, beserta waktunya.


Papan Informasi Dufan.

Selain itu, papan informasi ini juga menunjukkan berbagai fasilitas penting yang kita butuhkan. Misalnya  lokasi toilet, ruang perawatan bayi, penitipan barang, restoran, panggung musik, lokasi P3K, area merokok, dan lain-lain. Fyi, jika perangkat gadget-mu lowbat, Dufan juga memiliki fasilitas free charging di beberapa spot. Salah satu yang kutemukan adalah di dekat wahana Hysteria.


5. Membawa Makanan dan Minuman


Dufan memperbolehkan kita membawa makanan dari luar karena restoran di dalamnya belum buka sepenuhnya. Jika ingin membeli makam di dalam Dufan, lebih baik membawa alat makan sendiri agar lebih higienis. Tak lupa membawa air minum yang cukup agar kita tidak dehidrasi setelah bermain wahana. Satu hal lagi dariku, bawa kipas portable juga ya biar tetap adem.


6. Cobain Wahana Baru di Dufan


Jadi inget dulu waktu kecil, aku sekeluarga ke Dufan. Wahana pertama yang aku naiki adalah gajah bledug dan wahana itu masih adas sampai sekarang. Kalau sekarang, aku sih lebih suka wahana yang seru tapi menenangkan dan menyenangkan, seperti Bianglala, Turangga-rangga, Arung Jeram, dan Istana Boneka. Share juga dong, apa sih wahana favorit kalian di Dufan? 


View this post on Instagram

Welcome November! @infodufan sudah beroperasi kembali untuk seluruh pemegang KTP dengan menerapkan protokol kesehatan lho! Semakin seru karena ada kawasan Dunia Kartun dan wahana Kereta Misteri. Nah aku juga punya dia tips buat ke Dufan nih biar lebih asik; 1. Beli tiket online di www.ancol.com. Kalo bisa beli Annual Pass, karena kayaknya ke Dufan gak cukup sekali deh 😎 2. Mampir ke pusat informasi untuk ambil peta wisata atau scan barcode di poster peta wisata. 3. Cari papan informasi untuk melihat wahana apa yang sedang dibuka/tidak beserta waktunya. 4. Kalo HP lowbat, ada fasilitas free charging (Ada beberapa spot, tapi yang aku temukan ada di dekat wahana Hysteria) 5. Pakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak, dan bawa kipas 😁 Oya, cerita selengkapnya tunggu di blog ya. Yuk #SSBB (Senang Selamat Bareng-Bareng) di Dufan. Sharing juga dong apa sih wahana favorit kalian di Dufan? #AncolBersamaUntukSemua #KembaliKeAncol

A post shared by ᴛʀᴀᴠᴇʟ ʙʟᴏɢɢᴇʀ | ɪʀᴇɴᴇ ᴋᴏᴍᴀʟᴀ (@pinktravelogue) on

Oya, tahu gak sih ada kawasan dan wahana baru yang wajib kamu coba saat ke Dufan di era new normal, yaitu kawasan Dunia Kartun dan Wahana Kereta Misteri. Kawasan Dunia Kartun memiliki ornamen dan desain warna-warni yang sangat menarik perhatian. Wahana yang tersedia di Dunia Kartun antara lain; Baling-baling, Kolibri, Ontang-Anting, Zig-Zag, Karavel, Turbo Drop, dan Paralayang. Informasi selengkapnya, bisa diakses di www.duniakartun.com ya!


Wahana Paralayang dan Baling-baling di Kawasan Dunia Kartun.

Areanya colorful dan eye catching.


Nah kalau Kereta Misteri itu wahana indoor roller coaster terbesar di Indonesia lho! Wahana ini bernuansa Amerika abad ke-19, makanya wahana ini ada di Kawasan Amerika. Dalam wahana ini, kita harus menyelamatkan diri dari serangangan monster manusia serigala. Rasanya deg-degan ditambah dengan suasana gelap, menegangkan, dan memicu adrenalin. Dare to try?


Wahana Kereta Misteri.

7. Waktu Operasional Dufan


Selama masa New Normal, Dufan buka dari pukul 10.00-17.00. Sedangkan pintu gerbang Ancol dibuka dari pukul 06.00-18.00. Saranku datanglah lebih pagi dan jika bisa di hari biasa supaya lebih sepi dan santai. Jika ingin menikmati Dufan lebih asik, kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk memiliki Premium Access dan dapat menikmati fasilitas jalur khusus wahana, welcome drink, dan premium lounge dufan untuk berisitirahat selama berekreasi di Dufan.


Berwisata ke Dufan bisa menjadi alternatif rekreasi outdoor yang menyenangkan. Tak hanya untuk menghilangkan penat, namun juga menjadi alternatif olahraga yang seru, meningkatkan mood, dan kesehatan mental. 


Yuk #KembaliKeAncol dan #SSBB (Senang Selamat Bareng-Bareng) di Dufan. Jangan lupa untuk mengetahui hal penting saat berkunjung ke Dufan di era new normal dan follow instagram @infodufan, karena banyak informasi penting dan promo menarik dari Dufan. See you!


======================================================================================
How to Get There
  • Naik Trans Jakarta: Dengan rute Koridor 1 atau 5, turun tepat di Halte Ancol
  • Naik Kereta Api: Naik kereta api tujuan Stasiun Kampung Bandan, lalu naik mikrolet M15, atau ojek online.
  • Naik Kendaraan Pribadi: Tarif kendaraan mobil Rp25.000 atau motor Rp15.000
======================================================================================

DUFAN (Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol) 
Address Jl. Lodan Timur No. 7. Pademangan, Jakarta Utara 14430
Website www.ancol.com

...

Keep in Touch
Thanks for reading!

0 komentar: