Mari Cerita Papua bersama EcoNusa

Tahu gak sih kalau Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 akan diadakan di Papua lho!
Tahu gak sih kalau beberapa kabupaten di Papua masih menggunakan sistem Noken dalam Pemilu. Apa pula itu sistem Noken?

Cerita tentang Papua selalu menarik buatku. Bersama EcoNusa, MaCe (Mari Cerita) Papua menghadirkan narasumber inspiratif dari berbagai profesi yang telah mengharumkan nama Papua bahkan Indonesia. MaCe Papua merupakan talkshow dua bulanan yang mengangkat cerita inspiratif dari Papua dan ragam karya anak Papua di Indonesia. Dimoderator oleh Putri Nere Patty, Founder of Papua Muda Inspiratif, MaCe Papua kali ini diselenggarakan di Pusgiwa Universitas Indonesia. 

Mari Cerita Papua bersama EcoNusadan 500 Mahasiswa Universitas Indonesia.
Jean Jokhu

Jean Richard Jokhu adalah Dosen President University dan Doktor asli Papua Termuda di Universitas Indonesia. Menurutnya, Papua memiliki masalah pendidikan, ekonomi, dan sumber daya manusia. Contohnya belum ada Universitas di Papua yang memiliki akreditasi A. Untuk itu, dia berusaha mengejar pendidikan S3 di Universitas Indonesia dan memiliki mimpi mejadikan universitas Papua berakreditasi A, atau setidaknya program studi berakreditasi A.

Bincang inspiratif bersama Jean Jokhu.


Kata beliau, Papua terlalu lama dimanja oleh alam. Meski memiliki alam yang luar biasa indahnya, pendidikan di Papua juga harus digalakkan agar kemampuan tidak hanya berasal dari alam saja namun juga skill yang diasah.

Perekonomian tidak tumbuh jika tidak ada infrastruktur. Membangun manusia itu juga penting di Papua dengan mengubah pola pikir kepala suku dan masyarakat agar memiliki edukasi, informasi, untuk mengelola dan memasarkan hasil sumber daya yang didapat. Dengan pendidikan, Jean berharap dapat lebih memajukan Papua dan menjadikan "Wakanda Papua" yang dipandang dunia.

Nanny Uswanas

Nanny Uswanas berasal dari Fakfak adalah seorang Direktur Institut Kalaway Muda Institute. Dia memperjuangkan adanya toleransi dan narasi positif bagi Papua. Kalaway Muda Institue menjembatani golongan kolonial dan milenial agar dapat berkolaborasi demi kemajuan Papua.

Banyak isu negatif mengenai Papua, padahal Papua memiliki banyak hal positif. Stereotipe warga Indonesia melihat orang Papua itu lucu, padahal warga negara asing melihat orang Papua itu unik dan mereka sangat menghargai toleransi.

Banyak media mengekspos isu negatif dan ricuh tentang Papua, padahal masyarakat hidup toleransi beragama. Misalnya di tempat kelahirannya di Fakfak, mayoritas penduduk beragama muslim, namun tanggal 5 Februari tetap memperingati Hari Damai, hari injil masuk di Papua.

Masyarakat Papua sangat multikultural dan memiliki nilai budaya yang tinggi. Papua memiliki beragam budaya dari 7 wilayah adat dan 400 suku dengan gaya kepemimpinan yang berbeda. Kita harus melihat Papua dari sudut pandang elang yang tinggi karena Papua memiliki budaya yang unik dan alam yang luar biasa indahnya.






Mari Cerita Papua Tahu gak sih kalau PON (Pekan Olahraga Nasional) 2020 akan diadakan di Papua lho! Tahu gak sih kalau beberapa kabupaten di Papua masih menggunakan sistem Noken dalam Pemilu. Apa itu sistem Noken? Sistem Noken artinya pemilu 1 daerah diwakilkan oleh 1 kepala suku. Sedangkan 1 kepala suku membawa suara ratusan orang. Gimana menurut pendapat kalian? Cerita tentang Papua selalu menarik buatku. Foto pertamaku bersama 2 wanita Inspiratif Papua; Nanny Uswanas (Direktur Institut Kalaway Muda) dan Putri Nere Patty (Founder of Papua Muda Inspiratif) Bersama @econusa_id, MaCe (Mari Cerita) Papua menghadirkan narasumber inspiratif dari berbagai profesi yang telah mengharumkan nama Papua. Btw kaka yang main gitar itu seorang petani muda lho! Jadi, apa yang kamu tahu tentang Papua? Sharing yuk! MaCe Papua😊 Cerita selengkapnya tungguin di blog ya. #mariceritapapua #beradatjagahutan #kemahasiswaanui #UIuntukIndonesia
A post shared by ᴛʀᴀᴠᴇʟ ʙʟᴏɢɢᴇʀ | ɪʀᴇɴᴇ ᴋᴏᴍᴀʟᴀ (@pinktravelogue) on

Grison Krey

Grison Krey adalah petani muda Papua yang berasal dari Manokwari. Pada pembukaan acara MaCe Papua, beliau membawakan sebuah lagu yang bercerita tentang Papua merupakan surga kecil di bumi yang memiliki kekayaan alam. Hutan Papua adalah mama, yang tak bisa dilepaskan dari mereka.

Grison melakukan pendampingan pertanian organik di Pegunungan Arfak dengan mengajak masyarakat Papua mengolah lahannya sendiri, serta menghimbau masyarakat untuk tidak menggunakan pestisida saat bertani.

Grison Krey, Petani muda bersuara merdu.
Tidak banyak anak muda yang ingin jadi petani. Mungkin orang Papua di kota terlihat biasa saja, padahal mereka memiliki lahan yang luas untuk bertani lho! Grison juga merangkul anak muda untuk bertani karena Papua memiliki alam yang kaya. Tanah di Papua sangat subur, kualitas udara dan air adalah yang terbaik di dunia.

Ronald Manoach

Ronald Manoach adalah seorang penggiat sosial muda dan komisioner Bawaslu Papua. Beliau sempat menitikan air mata saat berbagi pengalamannya tentang Papua. Ronald membangun daerahnya dengan mendirikan Klinik Bumi Sehat di Sentani Papua. Beliau berkata bahwa banyak saudara kita di Papua, di hutan yang belum tesentuh dengan modernisasi. Ronald memiliki anak angkat dari Papua, ketika pertama kali melihat TV itu sangat aneh karena dulu di Papua gak ada benda kotak besar dengan gambar yang bergerak.
Keadlian diukur dari kasih sayang
Keadilan di Papua diukur dari kasih sayang. Papua butuh kasih sayang lebih agar tembok kemarahan runtuh. Pemerintah harus bekerjasama dengan mereka karena mereka membutuhkan hutan untuk ruang hidup. Papua itu tidak miskin sama sekali, hanya saja belum dikelola dengan baik. Hal tersebut menjadi masalah saat produk unik dan berkualitas namun butuh pemasaran yang baik.

Ronald Manoach cerita soal Papua.
Sebagai komisioner Bawaslu, beliau menceritakan bahwa beberapa kabupaten di Papua masih menggunakan Sistem Noken. Sistem Noken artinya pemilu 1 daerah diwakilkan oleh 1 kepala suku. Sedangkan 1 kepala suku membawa suara ratusan orang. Padahal setiap Warga Negara Indonesia memiliki hak suara dalam pemilu. Bagaimana menurut pendapat kalian?

Bahagia berkumpul bersama saudara-saudara dari Papua.
Pada Bulan Oktober 2020, Pekan Olahraga Nasional (PON) akan diadakan di Papua lho! Momen yang sangat berharga sekaligus waktu yang tepat untuk mempromosikan Papua yang unik. Mari kita dukung Papua! Kamu punya cerita tentang Papua? Sharing yuk!

...

Keep in Touch
Thanks for reading!

0 komentar: