MACHU PICCHU INDONESIA

Setelah puas main-main di Goa Pawon, kami menuju ke Stone Garden. Kami tetap naik kendaraan kesana, tapi katanya bisa juga berjalan kaki karena lokasinya tidak terlalu jauh. Jadi, Goa Pawon dan Stone Garden ini masih dalam satu kawasan. Kalau Goa Pawon di kaki bukit, Stone Garden ini diatas bukit.

Welcome to Stone Garden Indonesia!
Stone Garden merupakan area pengerukan batu kapur.  Terlihat dari jauh, ada banyak pengeruk dan truk pasir. Dari sini, kita juga bisa terlihat Tebing Masigit. Awalnya saya pikir, saya bisa hammocking di Stone Garden karena berdasarkan riset di instagram, banyak yang tag location di Stone Garden Gunung Masigit. Tapi ternyata kata guide saya, lokasinya berseberangan dengan Stone Garden. Mungkin kalau ada kesempatan kesini lagi, mau banget cobain hammocking di Tebing Masigit.

Tambang Pasir.
Stone Garden adalah wisata geopark di Bandung. Untuk mencapai kesana, memang dibutuhkan stamina yang cukup prima, karena taman batu ini memiliki ketinggiannya yang berbeda-beda. Kamu gak perlu khawatir karena di kawasan Stone Garden juga terdapat beberapa gazebo, jadi kalo capek, tinggal duduk-duduk santai di gazebo itu. Tapi rasa capek itu pasti terbayarkan setelah melihat taman batu yang unik ini.

Jadi inget kartun Flintstone yah!
Stone Garden dipenuhi dengan batu-batu diantara hijaunya tanaman rumput. Kalau lagi musim kemarau, wilayah Stone Garden ini lebih gersang, tapi kalau musim hujan lebih terlihat warna hijau. Taman batu eksotis diatas gunung ini, konon dulu adalah bekas laut dangkal dan batu-batuannya terbentuk dari terumbu karang yang ada di dasar laut.


Stone Garden Hijau vs Cokelat. Kamu pilih yang mana?
Demi kenyamanan dan keamanan, pastikan kami pakai sandal gunung atau sepatu yang tepat, biar lebih gampang kalau mau foto-foto menaiki batu. Saya takjub banget melihat Stone Garden dan tidak mengira tempat seperti ini ada di Indonesia. Kamu gak akan ketemu tempat seperti ini di Jakarta. Waktu pertama kali lihat foto ini, teman saya mengira kalau saya lagi di Machu Pichhu. Setelah saya browsing, memang agak mirip!

Suka banget sama view ini!
Machu Picchu Peru (Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Machu_Picchu).
Machu Picchu Indonesia.
Nampaknya memang cuaca tak begitu bersahabat. Awan tebal menutup langit menjadi gelap. Beberapa kali juga terdengar suara petir. Kami tak berlama-lama di Stone Garden, karena rintik hujan membuat medan jadi becek dan licin.

Liburan Musim Hujan ya begini, awannya tiba-tiba jadi dramatis.
Berani kotor itu baik!
Sunset.

Kalau berkunjung ke Bandung, jangan lupa kesini ya! Jalan-jalan ke taman bunga sudah sering, sekali-sekali cobain deh jalan-jalan ke taman batu. Asyik juga kok!

...

No comments:

Post a Comment

Facebook Page