GEOWISATA GOA PAWON


Bandung bukan hanya terkenal dengan wisata kuliner atau belanja. Untuk sebagian orang, mungkin mengunjungi beberapa tempat sejarah kurang menyenangkan, tapi saya tertarik pergi kesana. Kamu pernah tahu ada goa alami di Bandung? Namanya Goa Pawon.

Perjalanan kali ini, saya pergi bersama trip planner Rani Journey. Kalau kamu lihat di websitenya, Rani Journey ini menyediakan beberapa pilihan weekend getaway beserta jadwal dan harganya. Jadi tinggal pilih saja mau pergi kemana. Dengan harga Rp. 185.000, kita sudah bisa pergi ke Goa Pawon dan Stone Garden. Sudah termasuk biaya transportasi, guide, makan siang, dan tiket wisata. Menarik bukan?

Perjalanan selama 5 jam dari Jakarta menuju Bandung Barat tidak terlalu berasa karena saya tidur. Cuaca mendung tidak menyurutkan semangat kami untuk tetap menikmati geowisata alam. Sesampainya disana, kami menyantap makan siang dan langsung menuju Goa Pawon. Tidak terlihat ramai waktu kami berkunjung kesana. Katanya, kalau weekdays sepi sekali, tapi waktu weekend baru ramai, itupun lebih banyak wisatawan yang berasal dari luar kota. Kami menaiki anak tangga kayu menuju kedalam Goa Pawon dan pemandu wisata menjelaskan sejarah tempat ini.


Goa Pawon adalah situs goa pra-sejarah pertama yang ditemukan di Jawa Barat. Goa ini menjadi tempat tinggal manusia purba. Pawon dalam bahasa Sunda artinya dapur. Didalam Goa Pawon banyak ditemukan peralatan dapur peninggalan manusia zaman baheula. Disini juga ada replika tulang manusia purb yang diyakini adalah nenek moyangnya orang sunda. Kebayang gak orang zaman dulu ini tinggal di goa tanpa sinyal dan hidup tanpa wifi? lol.

Replika kerangka nenek moyang.

Secercah cahaya dalam kegelapan.


Sudah siap-siap bawa headlamp di tas, ternyata Gua Pawon ini gak terlalu gelap karena ada cahaya matahari yang masuk melalui langit-langit gua. Dari mulut Goa Pawon, kami menaiki tangga kayu kecil dan melewati lorong goa. Kami bisa melihat kelelawar dan… taraaa! Ternyata isi Goa Pawon ini sungguh menakjubkan! Percayalah banyak spot foto disini walaupun disini cuma banyak batu-batu.



Demi kenyamanan, pakailah sandal gunung atau sepatu gunung. jika tidak ingin tergelincir ketika turun ke area bawah goa karena licin. Beberapa kali, saya melihat teman-teman dari rombongan lain yang menggunakan flat shoes, sandal jepit, dan sepatu cantik lainnya. Rasanya sayang banget kan!


Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam dari dalam goa dengan ketinggian 601 mdpl.

Perjalanan kami lanjutkan ke Stone Garden yang letaknya berada diatas Goa Pawon. Konon pengunjung yang datang ke Stone Garden dibatasi karena takut meruntuhkan Goa Pawon. Jadi, mendingan jalan-jalan ke Goa Pawon sekarang daripada suatu saat, goa ini sudah punah. Yuk!

...

2 comments:

  1. Seru banget!! Dan murah yah, hahaha. Ku jadi ingin :(

    ReplyDelete

Facebook Page