Sehat dengan Jalan Kaki Setiap Hari

Satu hal yang aku syukuri hari ini adalah aku masih bisa jalan kaki ke tempat-tempat yang aku inginkan. Termasuk jalan-jalan melihat keindahan Indonesia. Untuk menjaga stamina tetap kuat selama traveling, biasanya aku melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging. Menurutku, hal tersebut sangat mudah dan murah untuk dilakukan.


Jalan Hijau Kurangi Kemacetan dan Polusi

Hidup di kota metropolitan seringkali membuat kita malas bergerak. Semua orang ingin serba cepat dengan semakin meningkatnya penggunaan kendaraan mobil dan motor. Tahu kan kalau polusi udara di Jakarta meningkat? Aku bahkan lihat sendiri kalau dari jauh, gedung-gedung pencakar langit itu terlihat memudar atau berwarna abu-abu. Berdasarkan Air Visual, Air quality index di Jakarta mencapai angka 240. Biasanya hanya 150. Artinya memang polusi udara di Jakarta semakin parah. 



Beberapa waktu lalu, pada tanggal 21-24 Agustus 2019, Badan Pengelola Tranportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub mengadakan kampanye bertajuk #JALANHIJAU. Kampanye ini diselenggarakan di empat stasiun kota yaitu Dukuh Atas, Juanda, Depok, dan Bekasi. 


Kampanye ini mengajak kita untuk lebih memanfaatkan transportasi umum dan lebih banyak berjalan kaki jika tujuannya dekat. Apalagi kemacetan di Jakarta seringkali membuat hati kesal. Dengan naik transportasi umum dan berjalan kaki, setidaknya kita sudah berkontribusi membantu mengurangi kemacetan dan polusi udara di Jakarta.


Kampanye #JALANHIJAU memberikan penyuluhan dan sosialisasi singkat kepada para pejalan kaki. Mereka dapat mengisi kuesioner dan akan mendapatkan satu buah tumbler. Tujuannya gak lain dan gak bukan pastinya untuk menjada lingkungan dari sampah dan polusi itu sendiri. 


Apalagi menurutku sekarang pemerintah juga sudah memberikan fasilitas yang lebih baik untuk pejalan kaki. Misalnya trotoar yang lebih lebar, disediakan tempat duduk, dihiasi tanaman, dan petunjuk arah yang jelas. Selain itu, Jakarta sudah memiliki transportasi umum Trans Jakarta, MRT, dan LRT yang terintegrasi yang rapi dan bersih.

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan

Pola hidup sehat memang sedang marak diperbincangkan dan dilaksanakan. Pola hidup sehat bukan hanya mengatur pola makan seimbang, tapi juga dilengkapi olahraga untuk membakar kalori. Di zaman milenial ini, kita dimudahkan dengan berbagai aplikasi online untuk memesan makanan, pergi ke salon, dan lain-lain. Menurutku itu sah-sah saja dan mempermudah hidup ini. Tapi tak ada salahnya kan jika pergi ke tempat yang dekat dengan berjalan kaki. Anggap saja olahraga, setuju?


Tahu gak sih kalau berjalan kaki setiap hari bisa meningkatkan kreatifitas sebesar 60%?  Selain itu, jalan kaki juga bisa menghilangkan stress. Percaya gak percaya sih, kalau aku lagi penat, aku  jalan kaki, di ruang terbuka. Rasanya membuat suasana hati membaik. Semoga kamu merasakan apa yang aku rasakan ya! Manfaat jalan kaki yang paling penting adalah juga untuk kesehatan diri kita masing-masing. Jalan kaki bisa menurunkan berat badan dan mengurangi resiko stroke sebesar 20-40%. Jika tujuan dekat, jalan kaki bahkan bisa membuat kita lebih cepat sampai tujuan dibanding menggunakan kendaraan. Selain lebih cepat, pastinya lebih hemat dan sehat kan?







A post shared by ᴛʀᴀᴠᴇʟ ʙʟᴏɢɢᴇʀ | ɪʀᴇɴᴇ ᴋᴏᴍᴀʟᴀ (@pinktravelogue) on

Oke baik.
Aku rindu awan cantik dan langit biru Jakarta yang bebas polusi. Kampanye ini bukan cuma untuk beberapa saat tapi untuk seterusnya, dan untuk Jakarta yang sehat. Semoga kita bisa bersama-sama mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta dengan #JALANHIJAU ya! Selamat jalan kaki! Siapa tahu kita berpas-pasan.

...

Keep in Touch
Thanks for reading!

No comments:

Post a Comment

Facebook Page

Instagram