Bukber 1000 Anak Yatim dan Dhuafa Asia87 Peduli

Buka puasa bersama merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan. Pada bulan yang suci ini, banyak dari kita memanfaatkannya untuk berkumpul bersama keluarga, atau kerabat. Tahun ini aku berkesempatan untuk ikutan Buka Bersama 1000 Anak Yatim dan Dhuafa yang diadakan oleh Asia87 Peduli.


Asia87 Foundation merupakan sebuah wadah sosial yang digerakkan oleh alumni Sekolah Al-Azhar angkatan 1987. Program Asia87 Peduli meliputi Indonesia Membaca Al-Quran, Indonesia Belajar, Mushola untuk Negeri, dan Kado Lebaran untuk Anak Yatim dan Dhuafa. Nah, Program Buka Bersama 1000 Anak Yatim dan Dhuafa ini sudah memasukki tahun yang ketujuh. Pada tahun ini acara diselanggarakan di The Tribata Dharmawangsa dan mengangkat tema "Belajar sambil Bermain". 

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran dan dilanjutkan dengan permainan theraplay. Theraplay adalah suatu terapi untuk mengasih kreativitas anak dengan cara bermain. Lagipula menurutku bermain itu juga penting lho untuk pertumbuhan sosial dan keseimbangan otak anak. Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh Opening Act Carnival Dance dan Carnival Percussion Performance. Pertunjukkannya keren banget, aku jadi berasa seperti nonton konser tingkat nasional.

Carnival Percussion Performance
Acara ini tak hanya sekadar hiburan tapi memberi energi positif bagi anak-anak untuk tetap semangat meraih mimpinya. Anak-anak ini antusias sekali, ada yang mau jadi dokter umum, dokter hewan, guru, dan lain-lain. Diriku langsung tertohok denger mimpi-mimpi mereka yang luar biasa itu. Kayaknya waktu seumur mereka, aku belum kepikiran mau jadi apa.

Adu Lagu Anak-anak
Selanjutnya, aku terpukau sekali ketika Komunitas Selamatkan Lagu Anak Indonesia muncul dari balik layar dan menyanyikan lagu-lagu hits generasiku (generasi 90-an)Lagu-lagu waktu zaman kecilku seperti Kembali ke Sekolah, Baju Baru, dan Gembira Berkumpul, dinyanyikan oleh mantan penyanyi cilik; kak Dhea Ananda dan Leoni dari Trio Kwek-Kwek, Ria & Susan, dan Natasha. Pada inget mereka gak guys?

Penyanyi cilik zamanku dulu
Aku merasa terharu dan nostalgia dengar lagu anak-anak dengan lirik yang ceria dan bermakna itu. Aku gak mau kalah sama adik-adik, jadi aku ikutan nyanyi saking senengnya. Rasanya sudah jarang banget aku dengar lagu anak-anak dinyanyikan oleh anak-anak. Malah anak-anak nyanyi lagu orang dewasa, yang menurutku seringkali liriknya gak cocok sama umur mereka. Semoga aja ke depannya semakin banyak lagu anak-anak yang mewarnai dunia musik tanah air.

Penampilan Anneth Indonesian Idol Junior 2019
Acara juga dimeriahkan oleh Anneth yang merupakan Pemenang Indonesia Idol Junior 2019. Walaupun beda generasi, aku salah satu pendukung Anneth waktu masih karantina ajang pencarian bakat itu karena suara emasnya yang memikat hati. Anneth menyanyikan beberapa lagu masa kini dan menceritakan pengalaman perjalanannya untuk meraih mimpi sebagai penyanyi profesional. Intinya kita gak boleh menyerah, harus terus mencoba, dan tetap semangat. Salut!

Pembagian Kado Lebaran
Acara Buka Bersama 1000 Anak Yatim dan Dhuafa diakhiri dengan pemberian santunan dan pembagian bingkisan kado lebaran berupa tas sekolah dan THR. Setelah maghrib, kami buka puasa bersama dan menikmati hidangan yang telah disediakan. Semoga di bulan suci Ramadhan, kita senantiasa diberi kebahagiaan dan berkah, serta tidak lupa untuk berbagi terhadap sesama. Sejatinya ketika kita memberi, kita tidak akan kekurangan. 

...


Thanks for reading!

No comments:

Post a Comment

Facebook Page

Instagram