Ada apa di Belitung Timur?


Objek wisata di Belitung tidak melulu tentang pantai. Selain terkenal akan eksotisme pantainya, Belitung juga memiliki wisata seni dan budaya yang menarik. Cukup dengan satu hari saja, kamu bisa menjelajah wisata di Belitung Timur.

SD. Muhammadiyah
Replika sekolah untuk keperluan syuting film Laskar Pelangi ini dibangun diatas bekas pertambangan timah yang berpasir putih. Sekolah Laskar Pelangi menyimpan banyak cerita dan kenangan yang mengingatkan saya akan semangat untuk mengejar impian dan tidak mudah menyerah. Gak salah tempat ini jadi tempat favorit bagi wisatawan.

Didepan repliika Sekolah Laskar Pelangi

Suasana ruang kelas replika Sekolah Laskar Pelangi

Rumah Keong
Dari jauh, tempat ini terlihat unik banget dan langsung saja saya masuk kedalamnya. Rumah ini dikenal dengan nama Rumah Keong karena bentuk arsitekturnya yang bulat seperti keong. Rumah Keong terletak gak jauh dari SD. Muhammadiyah. Rumah Keong disebut juga Rumah Rotan karena bangunan sederhananya terbuat dari rotan. Terletak didekat dermaga Kirana, Rumah Keong menjadi salah satu wisata alam yang terletak di kawasan Gantong.

#TravelWithAMosquito

Kampung Ahok
Kampung Ahok terletak persis di seberang rumah keluarganya Pak Ahok yang ada di kawasan Gantong. Bangunannya tampak seperti rumah adat Belitung. Kampung Ahok menjual berbagai buah tangan dan kue-kue khas Belitung yang katanya dibuat langsung sama mamanya Ahok. Disini kita bisa santai-santai sambil menikmati makanan dan minuman sambil lesehan.

Didepan rumah Keluarga Pak Ahok dan entah kenapa bisa pas tempat duduknya. lol.



Museum Kata
Museum Kata oleh Andrea Hirata merupakan museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia! Menurut saya, ini adalah museum paling inspiratif. Didalamnya kamu akan menemukan poster film, buku-buku, dan kalimat-kalimat motivasi. Ditambah interior dan bangunan warna-warni bikin betah untuk berada disini. Tiket masuk sebesar Rp. 50.000 dan dapat free buku Laskar Pelangi. Lagi-lagi, di bagian belakang Museum terdapat kedai kopi, namanya Kopi Kuli.






Kedai Kopi Kuli

Pantai Burong Mandi
Rasanya gak lengkap kalau belum ke pantai ya. Kami mengunjungi Pantai Burong Mandi. Ini adalah nama pantai yang membuat saya agak bingung akan namanya. Kenapa namanya Burong Mandi? Mitosnya dulu disini banyak burung yang mandi di pantai, Tidak seperti pantai Belitung lainnya, disini gak ada batu granit, malah lebih banyak kapal nelayan warna-warni yang menghiasi pantai ini.



Vihara Dewi Kwan Im
Awalnya desitinasi ini tidak termasuk dalam itinerary, tapi guide kami mengantarkan kami kesini untuk sekadar foto. Ternyata Vihara Dewi Kwan Im adalah vihara  terbesar dan tertua di Belitung.


NEXT >
...

No comments:

Post a Comment

Facebook Page