8 FAKTA UNIK KOREA SELATAN


Korea Selatan memang selalu menjadi daya tarik bagi pecintanya, termasuk saya. Hihi. Korea Selatan sudah terkenal akan seni dan budaya yang kental. Menurut saya, beberapa kebiasaan orang Korea menarik untuk ditelisik. Selama di Korea Selatan, saya menemukan beberapa hal unik yang harus kamu ketahui ;

Banyak WiFi Gratis
Walaupun makanan dan pakaian di Korea tergolong mahal, tapi ada juga yang gratis disini ; WiFi! Haha. Internet cepat dan gratis biasanya ada di bandara, tempat penginapan, café, bus, subway, dan tempat wisata. Jadi kamu gak perlu sewa wifi portable.

Banyak Coffee Shop
Di Indonesia juga banyak sih, tapi rasanya di Korea jauh lebih banyak. Di tiap sudut kayaknya hampir ada, di tepi jalan, di gang. Café disini unik-unik dengan interior yang sangat cantik. Mungkin karena itu Café sering dijadikan lokasi syuting drama Korea ya.

Anytime, anywhere ; coffee.

Toko Souvenir
Di salah satu pusat perbelanjaan di Dongdaemun, terdapat toko souvenir yang pegawainya sudah fasih berbahasa Indonesia! Toko souvenir ini terletak di Good Morning City lantai 2, di kawasan Dongdaeum Market. Saya kaget waktu saya lagi ngobrol sama mama, pegawai itu tiba-tiba bisa ngomong bahasa Indonesia lancar banget. Jadi kamu bisa ngobrol atau tanya tanpa bingung.

Minum Air Dingin
Kalau lagi musim dingin rasanya mau minum yang hangat-hangat. Di suatu restoran, saya ingin memesan teh hangat. Tapi ternyata katanya di musim apapun, walaupun lagi winter, restoran biasanya menyuguhkan minum gratis air dingin.

Gak Ada Garpu!
Di setiap tempat makan, biasanya mereka menyediakan 1 set alat makan logam, berupa sendok dan sumpit pipih panjang (sujeo). Berbeda dengan sumpit di Indonesia yang lebih bulat dan agak pendek. Konon orang korea yang datang ke Indonesia juga membawa sumpit karena mereka tidak bisa menggunakan garpu. Hihi

Ramalan Cuaca
Sebelum pergi di pagi hari, tidak berbeda dengan orang Jepang, orang Korea selalu melihat ramalan cuaca dan ramalan cuaca di Korea biasanya 99% betul! Jadi kalau lihat perkiraan cuaca di TV akan hujan, maka memang akan terjadi hujan. Itinerary kami juga sempat di switch karena perkiraan cuaca yang hujan.

Naik Escalator
Salah satu yang saya suka adalah masyarakat Korea yang disiplin dan menghargai waktu. Kamu dilarang berdiri di escalator seenaknya ya. Berbeda dengan negara Singapura, jika kamu naik eskalator di Korea, berdirilah di sisi kanan karena sisi kiri diperuntukkan untuk orang-orang yang berjalan cepat karena terburu-buru.

Seoul = Kota Berbukit
Dalam perjalanan saya dari bandara menuju hostel, bahkan juga pada saat jalan-jalan, terdapat banyak gang-gang menanjak untuk menuju suatu tujuan. Kata guide saya, Seoul memang kota berbukit, dan datarannya tidak rata. Jadi, pastikan stamina kamu kuat untuk jalan-jalan di negeri Gingseng ini.

...

No comments:

Post a Comment

Facebook Page