10 Senjata Ampuh Melawan Musim Dingin


Katanya sih, tidak sedikit orang enggan pergi liburan pada saat winter karena cuaca yang dingin, membuat kamu jadi gak bisa kemana-mana. Eitss! Jangan salah, karena sebenarnya cuaca dingin bukan penghalang untuk jalan-jalan asalkan kita mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan dengan baik. Cuaca dingin mengharuskan kamu untuk menggunakan pakaian musim dingin yang berlapis-lapis agar panas tubuh tidak keluar. Apalagi untuk orang Indonesia yang tidak terbiasa dengan suhu udara rendah, suhu ekstrim bisa menyebabkan flu, mimisan, dehidrasi hingga hipotermia. Jadi, pastikan kamu menyiapkan diri dengan baik agar tubuh tetap hangat dan menikmati liburan dengan nyaman ya! Ketika saya pergi, suhu udara diperkiran -5 hingga 7 derajat Celcius. Ini adalah perlengkapan tempur yang saya bawa untuk pergi berlibur musim dingin di Korea ;



1. Thermal Wear
Thermal wear merupakan lapisan pertama dalam layering pakaian winter. Kita biasa menyebutnya longjohn atau heattech. Baju yang cukup tipis ini dapat menahan panas tubuh kamu. Biasanya menjelang bulan Desember, UNIQLO menjual heattech (atasan dan bawahan) dengan harganya cukup terjangkau. Sebagai bawahan, kamu juga bisa menggunakan legging khusus winter, yaitu legging yang dalamnya terdapat fur.

2. Sweater
Lapisan berikutnya adalah sweater. Sweater berbahan wol atau fleece wajib kamu miliki. Selain dapat menghangatkan tubuh, sweater menunjang penampilan kamu jadi lebih stylish. Warna merah adalah salah satu warna yang saya sarankan untuk outfit musim dingin seperti sweater/coat karena warna yang kontras ini membuat kamu terlihat lebih menawan jika difoto. Kamu juga bisa memilih sweater model turtleneck sebagai pengganti scarf.

3. Coat
Pada saat musim dingin, kamu bisa tampil classy dengan long coat yang jarang dipakai (atau malah gak pernah) di Indonesia. Gunakan jaket khusus winter yang mampu menahan dingin hingga dibawah 0 derajat karena jika cuaca sedang hujan bercampur angin, dinginnya bisa berlipat ganda. Rasanya angin itu benar-benar menusuk sampai ke tulang. Kalau kamu punya budget lebih, kamu bisa membawa jaket Ultra Light Down (ULD). Harganya memang lebih mahal, namun jaket “baymax”  ini tahan angin, tahan air, dan ringan.

4. Boots
Usahakan gunakan sepatu berbahan waterproof dan yang ada fur pada bagian dalamnya. Kamu wajib menggunakan alas sepatu bergerigi untuk menghindari terjatuh atau terpeleset. Jangan lupa, kalau kamu harus menggunakan sepatu boots dengan satu nomor lebih besar karena kaus kaki thermal berbahan wol cukup tebal.

5. Hot Pack
Ini wajib banget! Kamu tahu gak hotpack kecil begini manfaatnya besar banget! Penampakan hotpack sekilas seperti koyo namun berisi butiran-butiran. Kamu cukup genggam hotpack atau bisa menaruhnya di bagian kantong coat. Dalam satu hari minimal siapkan dua buah, karena hotpack ini gak tahan seharian. Hotpack juga ada yang bentuknya tempel. Jadi, kamu bisa tempel di bagian kaki atau tangan yang ingin kamu hangatkan. Saat ini, di Indonesia sudah ada yang jual tapi biasanya di 7-eleven atau supermarket di Korea juga tersedia kok. Hihi


Ini rekomendasi Hot Pack yang ampuh dari Backpacker Korea.
6. Earmuffs & Beanie
Cuaca ekstrim mungkin bisa membuat telinga kamu menjadi lebih sensitif. Telinga saya sempat sakit karena gak bisa menahan udara dingin. Kalau telinga sakit bahkan kepala juga jadi ikutan pusing. Jadi, kamu wajib membawa earmuffs (penutup telinga) dan beanie (kupluk). Kalau gak mau ribet, kamu bisa memakai Russian Beanie yang sekaligus ada penutup telinganya.

7. Scarf
Jangan anggap sepele sama perlengkapan yang satu ini, karena scarf pastinya membuat kamu lebih menarik! Lindungi bagian leher kamu dengan scarf. Leher kamu juga membutuhkan penangkal dari udara dingin. Saya juga membawa scarf yang juga bisa digunakan sebagai kupluk (buff).

8. Gloves
Awalnya, saya gak mau pakai sarung tangan karena akan membuat tangan gak leluasa dan ribet. Tapi ternyata suhu dingin memang membuat tangan saya beku. Kamu juga bisa menggunakan sarung tangan touch screen yang dapat memudahkan kita menggunakan perangkat elektronik tanpa harus melepasnya.

Waterproof Gloves
Kalau kamu ingin mencoba naik ski yang memang cuma ada di saat musim dingin, kamu wajib punya waterproof gloves atau kalau gak, kamu harus beli di ski resort dengan kisaran harga 15.000-20.000 Won. Waterproof gloves untuk main ski biasanya berukuran lebih besar dan lebih hangat.

9. Payung/Jas hujan
Musim dingin bukan berarti gak ada hujan lho! Agar tidak mengganggu aktivitas, sebaiknya kamu membawa jas hujan atau payung. Hujan gak bisa menghalangi kamu untuk tetap menikmati perjalanan kan? Sekadar info, saat musim dingin tidak selalu turun hujan salju. Kalau pas lagi hujan salju, artinya kamu dapat bonus!

10. Obat-obatan
Selama perjalanan, kamu wajib menjadi alarm untuk daya tahan tubuh kamu sendiri. Perbedaan cuaca ekstrim bisa saja membuat tubuh kamu sakit. Obat-obatan seperti minyak kayu putih, inza, panadol, hansaplast, counterpain, dan tolak angin (sebut merek bukan promosi. lol) wajib ada di tas. Bukan sponsor, tapi rata-rata orang-orang Indonesia di grup saya (termasuk saya dan mama) selalu bawa tolak angin. Haha. Lalu, jangan lupa memakai lipbalm dan lotion karena walaupun kita sudah pakai baju berlapis-lapis, angin mampu menembus hingga membuat kulit kering.




...

Keep in Touch
Thanks for reading!

1 comment:

Facebook Page

Instagram