Persiapan ke Negeri K-Pop

THANKS GOD! Rasanya dua kata ini gak cukup menggambarkan betapa bahagianya saya bisa mewujudkan salah satu impian saya, yaitu pergi ke KOREA! Annyeong, 안녕 ! Sepertinya agak latepost untuk cerita winter vacation yang sudah lewat, tapi nyatanya saya pun mempersiapkan travelling ke Korea kira-kira 1 tahun sebelumnya.

Buat saya, travelling ke korea ini merupakan pengalaman pertama saya pergi ke luar negeri plus di musim yang super dingin. Perjalanan ke Korea di akhir tahun lalu memberi kesan yang sangat indah untuk saya dan mama. Kami pergi di pertengahan bulan Desember karena juga ingin merayakan natal disana.

Kenapa Korea? Awalnya sih karena nonton korea (sama mama juga). As simple as that. lol. Akhirnya saya mengajak mama untuk pergi ke negeri K-Pop itu. Lokasi shooting yang bagus, style fashion Korea yang membuat saya jatuh cinta, dan makanan khas yang memanjakan lidah. Tapi terlepas dari semua suasana indah, film drama Korea juga mengajarkan banyak moral keluarga, sahabat, dan cinta. Hihi.


Kenapa winter? Karena saya ingin merasakan suasana musim dingin dan lihat salju! Saya rasa, bisa menikmati musim dingin juga menjadi keinginan orang-orang yang tinggal di negara tropis. Walaupun harus berjuang melawan dinginnya suhu di Korea tapi momen ini sangat menyenangkan.


Untuk kamu yang mau pergi ke luar negeri khususnya Korea, beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah : 


NABUNG!
Musim liburan pasti menjadi waktu yang dinanti-nantikan untuk menghilangkan stres dan yang pasti membutuhkan dana lebih. Kamu bisa mengurangi pengeluaran di akhir pekan, diet belanja, dan anggaran itu bisa kamu alokasikan untuk travelling. Kamu harus persiapkan dengan matang dan rencanakan dana dengan benar karena uang yang kamu tabung ini akan digunakan untuk membeli tiket pesawat, membuat visa, membiayai kehidupan selama di Korea, membeli perlengkapan musim dingin (atau kamu bisa juga pinjam), dan yang gak kalah penting adalah mempersiapkan dana darurat saat travelling! Lumayan banyak ya pos pengeluarannya, maka dari itu, kamu harus menabung dari SEKARANG!

PASPOR AMAN
Untuk pergi ke Korea, pastikan paspor kamu berlaku 6 bulan sebelum paspor expired. Jangan khawatir untuk yang paspornya masih kosong, karena hal ini gak menjadi halangan pada saat pembuatan visa, karena paspor saya pun masih kosong tapi lolos! Pengalaman teman saya yang mau pergi keluar negeri tapi lupa memperhatikan masa berlaku paspor, pada akhirnya harus membuat perpanjangan paspor kilat dengan harga sekitar 2,5 juta. Sayang kan? Lebih sayang lagi kalo kamu akhirnya ditahan di bandara karena ketahuan masa berlaku paspor yang kurang dari 6 bulan, dan akhirnya gak bisa berangkat. So, coba cek paspor kamu ya!

BELI TIKET PESAWAT
Kamu harus beli tiket dari jauh-jauh hari. Saya membeli tiket promo Garuda Indonesia dengan penerbangan direct CGK-ICH (hal ini akan jauh menghemat waktu daripada penerbangan transit) pada bulan Maret untuk pergi di bulan Desember. Saya pergi ke Korea bersama @BackpackerKorea. Mereka sudah menyediakan itinerary lengkap mulai dari penginapan, transportasi, makan, dan tiket wisata. Namun, kamu juga harus mempersiapkan uang untuk pengeluaran pribadi selama di Korea yang kursnya lebih mahal dari Indonesia. Saran saya, kamu lebuh baik menukarkan uang di Indonesia, jadi gak perlu ribet-ribet ke money changer begitu sampai di Korea.

VISA KOREA

Kamu juga harus percukup tabungan untuk membuat visa dan mempercantik rekening koran tiga bulan sebelum pembuatan visa Korea. Sebenarnya kalau ditanya, harus berapa banyak saldo tabungan, hmm.. gak ada ketentuan pasti, cuma katanya sih kira-kira perhitungannya (lama hari) x Rp. 1.500.000 tapi jangan mepet-mepet ya saldonya. Saya sarankan per-orang minimal memiliki saldo 15 juta (untuk kepergian 7 hari) dengan catatan rekening koran kamu bagus dan gak ada kenaikan saldo signifikan, tapi ini juga gak mutlak ya! Sebenarnya untuk menunggu hasil visa approved lumayan membuat hati gak tenang. Tapi dengan bantuan doa dan rasa PD (Percaya Diri) tinggi karena sudah memberikan dokumen lengkap, saya yakin akan lolos, dan akhirnya.. Thanks God! Visa saya dan mama approved!
...

Keep in Touch
Thanks for reading!

No comments:

Post a Comment

Facebook Page

Instagram