Di Rumah karena Corona, Ngapain Aja? | The New Normal

Sebagai pekerja lepasan alias freelance, sebenarnya saya sudah terbiasa untuk Work From Home (WFH). Memang ada beberapa hal yang berbeda, biasanya saya mendatangi beberapa event namun hal tersebut harus ditunda atau malah dibatalkan. 

Tapi syukurnya, saya masih dapat kerjaan yang dari rumah. Masa seperti ini memang mendorong kita untuk bertahan dan melakukan apapun yang bisa membuat diri tetap waras. Lalu, di Rumah karena Corona, Ngapain Aja? 

There's always a good things in bad things. 

Semua orang dan sektor terkena imbas virus Corona. Gerak kami jadi terbatas. Karantina, isolasi diri, social distancing, dan apalah itu sebutannya, memang membuat kita menjadi bosan di rumah. Tapi saya berusaha mencari kegiatan supaya gak bosan di rumah. 

Saya menyadari bahwa waktu di rumah menjadi waktu yang sangat berharga. Kesehatan dan kehadiran orang tersayang menjadi sangat berarti. Ketika di rumah aja, saya lebih menyadari spot-spot di rumah yang biasanya terlihat biasa saja, ternyata bagus juga. 

1. Staycation at Home


Kalo lagi gak jalan-jalan, saya (terlebih pak suami) lebih suka menghabiskan waktu di rumah. Banyak juga ternyata yang bisa kami lakukan, nonton film dan masak bareng. Saya mulai bebenah rumah pelan-pelan, demi menciptakan rasa nyaman dan suasana estetik. Haha! Memulai hari dengan beresin tempat tidur, meja kerja, dan secangkir kopi. Setidaknya hal itu bisa menaikkan mood saya di pagi hari.

2. Menikmati Cuaca yang Lebih Bersih, Langit Biru, dan Senja


Setidaknya kualitas udara di bumi membaik dan polusi udara berkurang. Entah kenapa setiap pagi saya selalu lihat jendela dan menantikan cuaca cerah yang membangkitkan semangat. Ketika langit biru atau senja, saya langsung keluar rumah untuk sekadar berfoto dan menikmatinya.
Let earth take a breathe for a while

Salah satu fenomena yang gak bisa saya lupa pada suatu senja. Saya merasa atmosfer dalam rumah terasa hangat dan berwarna kekuningan. Saya langsung bergegas melihat ke depan langit kala itu tampak menakjubkan. Saya, Will, dan Ponie menikmati senja dan awan mammatus yang jarang kami lihat.


@pinktravelogue Sunset unik depan rumah. #liburanonline #sejernihdepanmata #indonesia #tiktoktravel #beAuthentic #fyp #fypシ #tiktokindo #sunset #samasamadirumah ♬ Menuju Senja - Payung Teduh


3. Ikut Workshop Online


Sejak pandemi ini, banyak sekali kelas online atau workshop, live instagram, dan semacamnya yang diadakan secara gratis maupun berbayar. Saya tak mau menyia-nyiakannya. Beberapa kelas yang saya ikuti seperti  "How to Document Your Traveling Photo like a Pro" dari Kadek Arini, "Dari Blogging jadi Cuan" dari Satya Winnie dan Sisternet, Kelas Menulis bersama Trinity, dan masih banyak lagi.

Selain itu, saya juga mendapat kesempatan berharga untuk ikut kelas ISB Blog Course yang diadakan oleh Komunitas Indonesia Social Blogpreneur selama 1,5 bulan dengan pertemuan 2x seminggu. Terbagi atas 3 materi dengan pembicara kompeten; kelas Blogging Refreshment and Learning oleh Teh Anikelas SEO, oleh mas Ardan, kelas Canva for blogger oleh Teh Eva

Materi-materinya bikin saya makin semangat dan termotivasi untuk mengembangkan blog dan sosial media lain yang kupunya. Buatku, jika ada workshop online atau acara virtual semacam ini menjadi investasi dan tak ada ruginya untuk ikutan. Toh menambah pengalaman kita juga kan?

4. Nonton Drama Korea (lagi)


Dulu itu saya seneng banget nonton Korea, sampe akhirnya nabung buat ke Korea karena mau lihat salju di sana. Tapi lama-lama udah gak nonton lagi. Kalau dulu nonton Korea di TV Kabel seperti S-One, sekarang saya jadi suka nonton Korea dari Netflix dan Viu. Yaampun ternyata nonton drama series Korea begini bikin nagih. Kudu set timer biar gak lupa waktu. Haha. Beberapa film yang saya rekomendasikan yaitu; 
  • Crash Landing On You
  • Wok of Love
  • Chocolate
  • Itaewon Class
  • The World of Marriage Couple
  • It's Okay to Not Be Okay
  • Mystic Pop Up Bar
  • Was It Love
  • Record of Youth
  • Reply 1988

5. Buka Usaha


Salah satu makanan favorit saya itu Gyoza dan karena lagi kangen dan kepengen banget ke Jepang entah kenapa saya coba bikin usaha gyoza, namanya Ichigyo. Puji Tuhan, dapat dukungan dan ada aja yang beli setiap kali pre-order. Sebenernya dulu saya punya usaha bikin desserts namanya Salty Sweets. Tapi akhirnya gak kepegang karena sibuk kerja kantoran. Will juga punya usaha baru namanya Insta Repara, kepoin juga ya!

6. Virtual Photoshoot and Video Shoot


Secara sadar atau tidak, kita didorong menjadi lebih kreatif supaya gak bosan dan rebahan terus. Selama di rumah aja, saya dan teman-teman berkolaborasi untuk membuat virtual photoshoot, virtual directing shoot, dan tiktok. Lumayan sekali-kali mengabadikan momen ini di rumah aja. Hasilnya juga ternyata bagus banget!


Selalu ada yang pertama kan untuk segala sesuatu? Kalau selama ini, saya suka pantengin workshop online, sayapun juga mendapat pengalaman baru menjadi pembicara di beberapa acara virtual. Perasaannya campur aduk, deg-degan, dan tegang. Tapi saya mendapat pelajaran baru untuk berbicara dan berbagi pengalaman dengan hal tersebut. 

Kita semua beradaptasi dengan situasi new normal ini. Semoga keadaan segera membaik. Tetap semangat dan berusaha menjalani hari-hari di masa pandemi. Kalo kamu, ngapain di rumah aja?

...

Keep in Touch
Thanks for reading!

1 comment:

  1. Selama di rumah aja ternyata bisa lakuin hal-hal seru kan Reenn. Aku juga tertarik buat buka usaha, deh. Tapi masih belum kepegang karena masih ngantor. :"

    ReplyDelete