Sea World Ancol Hadirkan Live Feeding Show Shark Pertama di Dunia

Salah satu bucketlist-ku yang belum tercapai yaitu Diving. Jujur aja aku takut kedalaman, tapi sebenarnya penasaran banget dunia bawah laut itu seperti apa. Jadi karena belum kesampean diving, aku pergi dulu aja lah ke Sea World Ancol biar bisa rasain vibes-nya. Tapi ada yang berbeda kali ini, Sea World Ancol menghadirkan atraksi baru yang seru nan menegangkan, yaitu "Face to Face Feeding Show Shark". Wow!


Pertama di Indonesia dan Dunia!

"Face to Face Feeding Show Shark" yang dihadirkan Sea World merupakan pertama di Indonesia dan dunia lho! Dulu sekali, aku pernah melihat atraksi feeding shark namun sang penyelam berada dalam kerangkeng besi. Tapi berbeda dari biasanya, pada atraksi ini penyelam akan memberi makan ikan hiu secara langsung tanpa kerangkeng besi. Sebelum menyaksikan atraksi ini saja jantungku sudah berdebar-debar seperti ingin bertemu dengan si doi.

Kata Sambutan oleh Bapak Rika Sudranto, Vice President Sea World dan Ocean Dream Samudera Ancol.
Katanya, dulu pernah ada hiu yang menyerang penyelam Sea World. Kejadian tersebut mengakibatkan 32 jahitan di tangan kanan penyelam itu. Ternyata cara makan hiu dengan cara menghisap dan kekuatannya 10x daya hisap vacuum cleaner. Pada atraksi Live Feeding Sharkpenyelam membawa tabung berisi 5-7 kg ikan segar untuk memberi makan hiu-hiu itu. Ikan hiu sangat sensitif dengan bau amis ikan segar. Hal tersebut yang membuatku semakin tegang, ketika hiu dengan cepat menyantap makanannya. 

Live Feeding Shark.
Dalam Shark Aquarium Sea World Ancol sebesar 900 meter kubik, terdapat 25 jenis Hiu dan 2 Pari Barongsai. Tiga jenis hiu berbahaya ada di dalamnya, yaitu; Hiu Kepala Martil (Hammerhead Shark) dengan urutan 6 terganas di dunia, Hiu Sirip Hitam (Blacktip Reef Shark) dengan urutan 26 terganas di dunia, dan Hiu Buto (Giant Nurse Shark) dengan urutan 32 terganas di dunia. Sedangkan Pari Barongsai merupakan hasil evolusi kurang sempurna dari ikan hiu yang berubah menjadi ikan pari. Namun, mereka hidup bahagia bersama dalam satu atap akuarium. 

Are They The Danger or Are We?

Kalian tahu kan ikan hiu dikenal sebagai biota laut yang berbahaya? Fakta tercatat bahwa ada sekitar 500 jenis hiu di dunia, 32 jenis diantaranya tergolong berbahaya, dan 4 jenis dilaporkan pernah menyerang manusia. Dalam Feeding Show Shark, Sea World Ancol memiliki tagline "Are They Danger or Are We?" 


Awalnya aku sempat bingung dengan tagline ini karena akupun menganggap hiu lebih berbahaya. Tapi kenyataannya, sekitar 100 juta ekor hiu mati per tahun akibat ulah manusia yang ingin memanfaatkan hiu, terutama siripnya. Sedangkan penyerangan hiu terhadap manusia tak sebanyak itu. Faktanya memang masih banyak orang mengonsumsi sirip ikan hiu yang katanya kaya manfaat. Padahal hal tersebut berpengaruh terhadap rantai makanan dan ekosistem laut.


Feeding Shark Show bukan semata-mata ingin memamerkan kehebatan semata, tapi di sini kita bersama-sama belajar mengetahui habitat ikan hiu dan alasan mengapa hiu bisa menyerang manusia. Bapak Rika Sudranto selaku Vice President Sea World dan Ocean Dream Samudera Ancol memaparkan bahwa tidak semua ikan hiu ganas. Ikan hiu bisa bersahabat dengan manusia asal tidak terprovokasi.

Live Feeding Shark Menggunakan Shark Suit

Ada dua penyelam profesional yang berada dalam Shark Aquarium. Satu penyelam memberi makan ikan-ikan hiu tersebut dan satu penyelam yang tidak nampak pada foto karena beliau bertugas sebagai penyelam rescue. Penyelam rescue bertugas untuk menjaga dan menanggulangi kejadian yang tidak diinginkan jika terjadi serangan dari ikan hiu.



Atraksi seru dan menegangkan ini dilengkapi dengan Standar Operasional Prosedur demi keamanan dan keselamatan penyelam. Dua penyelam tadi menggunakan kostum khusus bernama Shark Suit yang didatangkan langsung dari Florida, Amerika. Shark Suit dibuat secara handmade, berbahan stainless, dan berbobot 15 kg. Belum lagi ditambah helm dan tabung oksigen, pasti semakin berat ya seperti beban hidup.

Bersama dua teman instagramku; Yani dan Grace.
Tak terasa selama 10 menit aku menyaksikan "Face to Face Feeding Show Shark". Setelah pertunjukkan berakhir, kami sempat berfoto dengan salah seorang penyelam bernama Pak Feri. Pak Feri berbagi pengalamannya selama menyelam dan memberi makan ikan hiu. Beliau pernah tergigit, namun karena menggunakan kostum shark suit, rasanya seperti terjepit pintu. Semoga Pak Feri dan penyelam live feeding shark lainnya selalu diberi kesehatan dan keselamatan selama mengemban tugas ya!







PERTAMA DI INDONESIA DAN DUNIA Face to Face Feeding Shark di @seaworld.ancol yang bikin aku deg-degan selama show. Pasalnya penyelam memberi makan hiu secara langsung tanpa jeruji kerangkeng dan terdapat 3 jenis hiu berbahaya di dalam Shark Aquarium tersebut! 😱 Ada 2 diver yang disiapkan dalam Feeding Shark Show. Diver Rescue yang tak terlihat pada foto bertugas untuk menanggulangi bahaya ikan hiu yang tiba-tiba menyerang. Para diver menggunakan Shark Suit dengan berat 15kg. Semoga bapak diver selalu diberi keamanan dan keselamatan ya! Btw foto pertama bareng Shark terbuat dari sampah plastik sebanyak 4000 buah atau sekitar 100 kg. Sampah plastik ini butuh 450 tahun untuk dapar terurai di lautan. Tapi kreatif juga sih botol bekas dibikin beginian. Cuma jangan buang sampah ke laut aja, mantan boleh 😜 Cerita selengkapnya soon on the blog yah! @ancoltamanimpian #AncolTamanImpian #kembalikeancol #AncolFeedingShark #LiveFeedingShark #SeaWorldAncol #LiburanSeru #StopSampahPlastik #2019GantiKemasanPlastik
A post shared by ᴛʀᴀᴠᴇʟ ʙʟᴏɢɢᴇʀ | ɪʀᴇɴᴇ ᴋᴏᴍᴀʟᴀ (@pinktravelogue) on
Live Feeding Show Shark akan diadakan setiap hari pada pukul 14.30 hanya di Sea World Ancol. Namun masih banyak atraksi biota lautnya yang bisa kamu lihat di Sea World, seperti; Touch Poul Turtle and Shark, Piranha Aquarium, Jellyfish Sphere, dan masih banyak lagi! Ternyata dunia bawah laut memang indah dan menarik, semoga suatu saat nanti impianku buat diving bisa terwujud.

Sea World Indonesia
Address Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol,
Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
Telephone (021) 29222222
Price (Pembelian di Website www.ancol.com per-Oktober 2019)
Annual Pass Sea World Rp220.000
Annual Pass Sea World dan Ocean Dream Rp295.000
Promo Satu Tiket Berdua Rp110.000 (weekday) dan Rp150.000 (weekend).
Periode pembelian hingga 31 Oktober 2019, Periode kunjungan hingga 30 November 2019.
Time Pukul 09.00-18.00
https://www.ancol.com/id/destination/sea-world-ancol



...

Keep in Touch
Thanks for reading!

1 comment:

Facebook Page