Resolusi Traveling 2019 : Malang Sayang

Malang menjadi salah satu destinasi di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Saya pernah ke Kota Malang untuk naik Gunung Semeru. Tapi sayangnya, saya belum sempat pergi ke beberapa destinasi lain di Malang. Saya rindu kota Malang dan ingin menjelajahnya. Terletak di Jawa Timur, Malang terkenal dengan sebutan Kota Apel karena penghasil buah Apel terbesar di Indonesia. Malang memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai destinasi wisata dan kulinernya.

Wisata Alam

Bromo 
Mengunjungi Bromo adalah hal yang tidak boleh dilewatkan jika pergi ke kota Malang. Banyak wisatawan mancanegara juga menikmati sunrise disini, dan sayapun tidak ingin ketinggalan momen tersebut. Selain menikmati sunrise, kita juga bisa menikmati sisi lain keindahan Gunung Bromo seperti Kawah Bromo, Pura Luhur Poten, menunggang kuda di Lembah Jemplang.

Source : www.grandrentcarmalang.com

Coban Sewu
Coban Sewu terletak di kaki Gunung Semeru. Tidak heran Coban Sewu dijuluki sebagai Niagara Falls Indonesia karena air terjun setinggi 180 meter ini sangat memukau! Coban Sewu memiliki beberapa aliran air yang melebar menuruni tebing hijau. Coban artinya air terjun dan Sewu artinya seribu. Oleh karena itu dinamai Coban Sewu karena memiliki banyak aliran air terjun. 

Source : Wikipedia

Pantai Mbehi
Tidak hanya wisata gunung dan air terjun, tapi Malang memiliki hidden gem di Pantai Mbehi. Belum banyak dikenal, Pantai Mbehi ternyata memiliki keindahannya sendiri. Di dekat Pantai Mbehi terdapat lubang yang dikelilingi karang dan langsung menembus air laut. Di sisi lainnya terdapat "kolam renang alami" yang dinamakan Teluk Bidadari. 

Source : www.trivindo.com
Source : @didin_emelu

Paralayang
Layaknya tentara angakatan udara, saya juga ingin merasakan sensasi paralayang. Salah satu lokasi paralayang berada di kawasan wisata Gunung Banyak. Wisata yang menguji adrenalin ini tidak ada salahnya dicoba bukan? Kita bisa melihat keindahan landskap kota Malang sambil menikmati udara sejuk disana.

Source : www.aselimalang.com

Jatim Park
Tidak jauh dari pusat kota Malang, kita dapat mengunjungi Jatim Park 1, 2, dan 3. Nama Jatim Park pasti sudah tidak asing lagi karena tempat ini menawarkan objek wisata yang kaya edukasi dan wahana. Selain itu, kita bisa mengunjungi Museum Angkut, Batu Secret Zoo yang masih berada dalam satu kawasan dengan Jatim Park. Disini juga banyak sekali spot foto yang kece, jadi bisa foto sepuasnya!

Source : www.wisatakaka.com

Wisata Kuliner

Bakso Malang
Selain terkenal dengan Kota Apel, Malang memiliki kuliner khas yang sangat memanjakkan lidah setiap orang yaitu Bakso Malang. Bakso Malang menjadi kuliner yang wajib dimakan saat menjelajah kota Malang. Walaupun sudah banyak gerai Bakso Malang di Jakarta tapi menyantapnya saat panas ditemani udara sejuk Malang, Bakso Malang pasti terasa nikmat! 


Tahu Lontong Lonceng
Sebagai pecinta tahu sejati, saya wajib mencoba kuliner ini. Konon, Warung Tahu Lontong Lonceng sudah ada sejak zaman Belanda. Nama "Lonceng" diambil karena tempat awal berdirinya berada di bawah lonceng atau jam besar merah yang berada di Jalan Martadinata. Warung Tahu Lontong Lonceng memiliki tiga menu andalannya yakni; tahu lontong, tahu telor lontong, dan tahu telor nasi.

Source : www.goodindonesianfood.com

Cwie Mie Hoklay
Berbeda dengan Bakmi Ayam, Cwie Mie Hoklay khas Malang memiliki cita rasa yang berbeda. Bakmi ayam menggunakan daging ayam dipotong dadu dan sayur kangkung direbus. Sedangkan cwie mie menggunakan ayam yang dicincang halus dan sayur salada. Cwie Mie Hoklay juga memiliki hidangan pendamping yang khas yaitu lumpia dan minuman fenomenal, yaitu Fosco. Fosco adalah susu sapi segar yang dicampur dengan cokelat.

Source : @gitoeste

Toko Oen
Saya menyukai kuliner-kuliner legendaris seperti es krim di Toko Oen. Apalagi tempatnya merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh. Toko Oen sudah ada sejak tahun 1930 dan masih mempertahankan suasana klasiknya. Saya ingin bernostalgia dan mencicipi hidangan penutup mulut dengan resep turun-temurun di Toko Oen.

Source : Official Facebook Toko Oen

Pos Ketan Legenda
Pos Ketan Legenda sudah ada sejak tahun 1967. Sejarah nama Pos Ketan Legenda berasal dari sang pemilik yang dulunya berjualan di depan kantor pos dan akhirnya melegenda hingga sekarang. Saya ingin mencicipi kelezatan ketan legit yang begitu populer di Malang. Nah katanya, ketan yang digunakan pun diimpor langsung dari Thailand lho!

Source : Tribun News

Tips and Trik

Transportasi
Perjalanan menuju kota Malang dapat ditempuh dengan moda transportasi pesawat udara, kereta api, atau mobil jika kita masih tinggal di Pulau Jawa. Untuk mendapatkan tiket yang lebih murah atau tempat duduk yang sesuai, ada baiknya kita memesan tiket dari jauh-jauh hari. Jangan lupa juga memilih transportasi selama di Malang dengan menyewa mobil ataupun motor.

Barang Bawaan
Selain membuat itinerary, kita harus mencari tahu informasi mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi. Biasanya beberapa destinasi wisata atau kuliner libur pada hari tertentu. Mengetahui kondisi cuaca juga sangat penting agar agenda wisata tidak terganggu. Kondisi alam kadang tak menentu, membawa obat-obatan pribadi dan P3K selalu didalam tas merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. 



Pada saat packing persiapkan pakaian dan sepatu yang aman dan nyaman. Malang merupakan salah satu kota terdingin di Indonesia, oleh karena itu kita wajib membawa jaket. Apalagi jika mengunjungi Gunung Bromo yang dingin. Kita juga harus mempersiapkan handphone atau kamera dengan baterai penuh untuk mengabadikan momen-momen indah selama di Malang dan membawa powerbank untuk menyelamatkan kondisi baterai yang habis. Saya juga suka membawa uang tunai dan kartu penting dalam satu dompet kecil agar tidak memakan tempat di dalam tas. Bawalah uang tunai yang cukup untuk masuk ke tempat wisata, kuliner, dan beli oleh-oleh ya!

Penginapan
Salah satu hal penting dalam traveling adalah menentukan penginapan. Ada baiknya kita sudah memesan penginapan sebelum tiba di kota tujuan. Penginapan yang nyaman dengan harga bersahabat seperti RedDoorz bisa menjadi pilihan. RedDoorz tersebar di beberapa 23 kota di Indonesia, 5 kota di Filipina, Singapura, dan Vietnam. Salah satunya ada di kota Malang.



Dengan tempat tidur nyaman berbahan linen yang bersih, kita dapat beristirahat dengan nyaman dan santai. RedDoorz menyediakan kamar mandi yang bersih lengkap dengan peralatan mandinya. Selain itu, kita juga bisa menikmati fasilitas televisi satelit, mendapatkan air mineral, dan yang paling penting tersedia WiFi gratis! 


Pemesan kamar dapat dilakukan melalui website reservasi hotel, tapi kita juga bisa memesan langsung melalui website atau aplikasi RedDoorz, apalagi RedDoorz sering sekali mengadakan promo. Selain itu, kita bisa mendapatkan reward 50.000 RedCash ketika membuat akun RedDoorz pertama kali. RedCash merupakan poin dalam bentuk mata uang virtual yang bisa dikumpulkan untuk mendapatkan potongan harga saat memesan hotel.

Jadi, tunggu apalagi? Nikmati liburan bersama RedDoorz dengan promo kode REDTRIP sampai 30 Juni 2019. Yuk liburan!


...


Thanks for reading!

No comments:

Post a Comment

Facebook Page